Film review: Lockout (2012)

Sinopsis

Sebenarnya, nonton film ini adalah ketidaksengajaan. Pengen nonton Prometheus tapi salah lihat jadwal. Kirain main jam 17.15 WIB, ternyata tayangnya jam 17.00 WIB. Nonton telat kan gak enak ya, akhirnya memutuskan untuk nonton Lockout yang baru akan tayang jam 17.20 WIB. Masih ada waktu 5 menit lagi untuk ngapa-ngapain dulu.

Singkatnya, film rumah produksi Perancis ini bercerita tentang agen CIA, Snow (Guy Pearce), yang ditangkap Secret Service karena terbukti secara dokumentasi membunuh agen CIA lainnya, Frank Armstrong. Padahal kenyataannya Snow sama sekali tidak bersalah.

Sebelum Frank mati, dia sempat menitipkan sebuah lighter dan tas koper dan berpesan supaya kedua benda ini tidak jatuh ke tangan Secret Service. Snow berhasil membawa kabur koper tersebut, dan melemparkannya ke dalam kereta api yang hendak berangkat. Mace, rekannya yang berada di dalam kereta, akhirnya menyembunyikannya. Tapi sayang, tak berapa lama setelah koper tersebut berhasil disembunyikan, ada insiden tak terduka yang membuat Mace harus ditahan di sebuah penjara dengan keamanan maksimal, MS One, yang terletak di luar angkasa.

Meanwhile, putri Presiden AS, Emilie Warnock, sedang berkunjung ke MS One untuk menginvestgasi dampak ‘stasis’ (menidurkan para narapidana di dalam tahannya) terhadap kondisi psikologis, yang juga ada kecurigaan menderita dimensia.

Sebagai ‘narasumber’, salah satu narapidana, Hydell (Joseph Gilgun) dibangunkan untuk berbicara dengan Emilie yang didampingi oleh Hock (Jacky Ido), bodyguard-nya. Mencurangi aturan MS One, Hock berhasil diam-diam membawa senjata ke ruang interogasi. Sialnya, Hydell mengetahui pistol yang disimpan Hock di kakinya, dan berhasil merebutnya. Hydell membunuh para petugas, membebaskan dan membangunkan para narapidana yang tertidur, dan memulai aksi pemberontakan.

Atas kondisi ini, pihak Secret Service akhirnya mengutus Snow untuk berangkat ke MS One untuk menyelamatkan Emilie, sang putri Presiden AS. Meskipun awalnya menolak, namun karena diberitahu bahwa Mace ada di dalam MS One, maka Snow tanpa pikir panjang langsung menyetujui.

Review

Karena saya penyuka adegan aksi berdarah, film ini cukup menghibur. But that’s it. Rasanya saya seperti nonton Die Hard dengan setting luar angkasa (khususnya dengan banyaknya adegan di saluran udara, terowongan sempit, gorong-gorong, dsb). Nothing new. Akting Guy Pearce ya, so-so.. Tapi saya suka karakternya yang snarky dengan banyak memberikan one-liners oke. Akting Maggie Grace (yang mirip dengan Carissa Puteri) sebagai Emilie patut diacungkan jempol! Akting Hydell juga bisa dibilang keren karena berhasil membuat saya sedikit bergidik dan berharap tidak akan pernah bertemu dengan orang semacam dia.

Film yang bersetting tahun 2079 ini juga punya jalan cerita juga biasa aja, tidak ada hal yang mengejutkan atau sampai saya biasanya berkomentar selama film berlangsung: “oh, shit!”. Dan entah kenapa, film ini punya kemiripan dengan film lama Escape From New York.

Penilaian: 3/5.

Casts: Guy Pearce, Maggie Grace, Vincent Regan, Joseph Gilgun, Lennie James. Director: James Mather and Stephen St. Leger. Written by: Luc Besson, Stephen St. Leger, James Mather. #RR

Lockout-joseph-gilgun-570x349
Lockout-maggie-grace-guy-pearce
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: